Home > Bengkel > OHV, OHC, SOHC dan DOHC (twin cam)

OHV, OHC, SOHC dan DOHC (twin cam)

Mesin OHV

 

4-cylinder 8 valves OHV engine 4-silinder mesin OHV 8 katup

OHV berarti Overhead Valve – desain mesin dimana camshaft terinstal di dalam blok mesin dan katup yang dioperasikan melalui lifters, pushrods dan lengan rocker (mesin OHV juga dikenal sebagai “mesin Pushrod).  Meskipun desain OHV adalah sedikit usang, telah berhasil digunakan selama beberapa dekade.  Mesin OHV sangat sederhana, memiliki ukuran lebih kompak dan terbukti tahan lama.
Kelemahan: sulit untuk secara tepat mengendalikan valve timing pada rpm tinggi akibat inersia yang lebih tinggi disebabkan oleh jumlah yang lebih besar dari komponen katup (pengangkat-pushrod-goyang lengan). Juga sangat sulit untuk menginstal lebih dari 2 katup per silinder atau melaksanakan beberapa terbaru teknologi seperti Variabel Valve Timing – sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan dengan mesin DOHC.


OHC or SOHC engine OHC atau mesin SOHC

 

4-cylinder 8 valves SOHC engine 4-silinder SOHC 8 katup mesin

OHC pada umumnya berarti overhead Cam sedangkan SOHC Single Overhead Cam berarti. Dalam mesin SOHC camshaft terinstal di kepala silinder dan katup yang dioperasikan baik oleh lengan rocker atau langsung melalui lifters (seperti dalam gambar).
Keuntungannya adalah bahwa katup yang dioperasikan hampir langsung oleh camshaft – mudah untuk mencapai waktu sempurna pada rpm tinggi silinder. Juga mungkin untuk menginstal tiga atau empat katup per
Kerugian – mesin OHC memerlukan timing belt atau rantai dengan komponen terkait – lebih kompleks dan lebih mahal desain.


DOHC or Twin cam engine Mesin DOHC atau Twin cam

 

4-cylinder 16 valves DOHC engine 4-silinder DOHC 16 katup mesin

DOHC atau Double Overhead Cam – setup digunakan dalam banyak mobil hari ini. Karena mungkin untuk menginstal beberapa katup per silinder dan intake katup tempat di sisi berlawanan dari knalpot vales, mesin DOHC bisa “napas” lebih baik artinya dapat menghasilkan horsepowers lebih dengan volume mesin lebih kecil:. Bandingkan Para liter V6 DOHC-mesin 3,5 2003 Nissan Pathfinder memiliki 240 hp, sama dengan 245 hp dari mesin V8 5,9-liter OHV tahun 2003 Dodge Durango.
Pro: efisiensi tinggi, mungkin untuk menginstal beberapa katup per silinder dan mengadopsi waktu variabel.

sumber : http://www.samarins.com/glossary/dohc.html

Categories: Bengkel Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: